2012, Absen Sidik Jari Diberlakukan


Cikarang Pusat – Radar-Bekasi.Com – Untuk menunjang kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bekasi awal tahun 2012 memberlakukan absensi sidik jari.

“Mulai awal tahun 2012, absensi PNS kita sudah menggunakan alat canggih berupa sidik jari,” kata Kabid Pengembangan Pegawai BKD Kabupaten Bekasi Yanyan Akhmad, Selasa (12/12).

Saat ini, kata dia, alat absensi sidik jari yang sudah terpasang di lingkungan Pemkab Bekasi baru 70 unit.

Kini pihaknya tengah mempelajari perangkat yang pengadaannya sudah sejak 2010 lalu. “Kita masih pelajari, apakah absensi tersebut bisa menampung data dari jumlah PNS Kabupaten sebanyak 1400 PNS dengan server yang ada di BKD, kita sedang melakukan analisa persiapan diaktifkan,” terangnya.

Menurutnya, alat absensi ini memang membuat kerja pengawasan BKD menjadi lebih ringan. Pasalnya, dengan absensi tersebut, BKD bisa mengetahui siapa saja PNS yang suka membolos dan siapa yang rajin.

Intinya, lanjut dia, dengan adanya absensi ini bisa memicu PNS di Kabupaten Bekasi lebih optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Saya berharap kinerja PNS bisa lebih rajin lagi,” ujarnya.

Teknis penggunaannya, kata Yanyan, setiap PNS menempelkan sidik jari ke sensor yang ada dalam perangkat. Dari situ data langsung terkirim ke server yang ada di BKD.

“Secara otomatis kehadiranya bisa kita ketahui, karena alat ini sangat begitu fleksibel dan canggih, alat itu juga bisa kalkulasikan kehadiran PNS itu dalam waktu,” imbuhnya.

Selain untuk absensi, kata dia, alat ini juga bisa menjadi indikator kelayakan kenaikan pangkat maupun penambahan penghasilan setiap PNS yang bekerjasama dengan DPPKA. “Jadi parameter juga nantinyan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Mustakim menegaskan, penggunaan alat absensi sidik jari elektronik tersebut diharapkan bisa menunjang lagi kinerja setiap individu PNS dalam pelayanan kepada masyarakat. “Saya sangat setuju absensi itu diaktifkan,” katanya singkat. (dul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s