Absesi Diawasi Ketat, Disiplin PNS Pemkab Rohul Naik 99 Persen


Pemkab Rohul mulai memetik hasil manis dari pengawasan ketat absensi. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan disiplin aparatur hingga 99 persen.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BKD) Hj Sri Mulyati S.Sos, tingkat disiplin kerja dan kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga honorer di 29 Satuan Kerja (Satker) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu meningkat 99 persen.

“Dari evaluasi rekap melalui absensi manual serta sidik jari Oktober 2011, tingkat kedisplinan dan kehadiran pegawai meningkat 99 persen. Ini setelah ada kebijakan baru pemerintah, yakni menggelar inspeksi mendadak (Sidak),” terangnya.

Katanya, setiap tanggal 6 setiap bulannya, sesuai intruksi Bupati Achmad, hasil rekap absensi di seluruh Satker diserahkan ke pihak BKD untuk dievaluasi. Nantinya, bagi pegawai yang tak masuk, BKD akan minta kepala Satker untuk memotong uang kesejahteraan pegawainya.

“Dari hasil rekap itu lah yang menjadi bahan evaluasi kami untuk mengetahui pegawai yang absen tanpa keterangan (TK), dan lainnya,” ujarnya.

Meningkatnya disiplin kerja dan kehadiran pegawai, menurut Sri Shalat Zuhur dan Ashar berjemaah di Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian, sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban seluruh pegawai yang beragama Islam.

“Dua pekan pertama, memang banyak pegawai yang berontak dengan kebijakan shalat berjemaah tersebut. Tapi saat ini sudah menunjukan shalat berjamaah ini bukan karena terpaksa. Itu sudah menjadi kepuasan bathin pegawai sendiri. Beberapa pegawai juga mengaku, penerapan shalat berjemaah menyebabkan bathin lebih nyaman, sehingga shalat bukan sebuah paksaan, namun kewajiban yang harus dijalankan sesuai perintah sang khalik,” katanya.

Dari hasil evaluasi, pegawai yang tidak disiplin kerja dan tidak hadir, rata-rata paling banyak 5 orang per hari. Sementara 99 persen pegawai lainnya, kini sudah menjadikan disiplin sebagai pekerjaan rutin.

“Kesadaran pegawai saat ini sudah terbilang tinggi, apalagi absensi terisi setiap hari kerja. Pun, shalat berjamaah di Masjid Agung, tanpa ada unsur paksaaan dan komando, sebab pegawai sudah datang sendiri ke masjid,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s