Segera Terapkan Absen Sidik Jari


SAMPIT -Borneonews/Sampitonline – Masih adanya pegawai negeri sipil (PNS) yang bolos pasca-Lebaran membuat Bupati Kotim Supian Hadi akan memberlakukan absen sidik jari (elektronik). Dengan absen itu, PNS maupun pegawai honor tidak bisa memanipulasi daftar kehadiran.

“Bisa jadi selama ini menggunakan absen manual dimanipulasi dengan tanda kawan rekannya. Kalau bisa nantinya absen di semua dinas sama se­­per­ti di Dinas Kesehatan yak­ni menggunakan sidik jari,” ujarnya.
Hal itu disampaikan Supian Ha­di saat menggelar inspeksi men­dadak (sidak) ke semua di­nas yang berkantor di Km 6, Ja­lan Sudirman, Sampit, kemarin. Dalam sidak itu, Bupati men­da­pati masih banyak absen PNS ko­song. Ada yang alasan sa­kit, izin tugas keluar daerah, dan ada yang tanpa keterangan.
“Bagi yang tidak ada keterangannya, besok (hari ini) saya minta sekda memberikan surat teguran atas nama saya,” tegasnya.
Temuan itu juga membuatnya berencana memberlakukan absen elektronik agar absensi ti­dak bisa digantikan oleh orang lain. Namun kapan pelaksanaannya belum ditentukan.
“Ini baru wacana tapi paling tidak kita punya gambaran absen seperti apa yang pas bagi PNS kita. Sepertinya absen elektronik sudah waktunya diterapkan agar tidak ada lagi PNS bolos,” katanya.
Hari ini, Bupati kembali be­ren­cana menggelar sidak ke se­jumlah dinas atau kantor yang tidak berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman. Tujuan sidak agar PNS lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan tidak semaunya sendiri menambah libur setelah cuti bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s