IKIP Mataram Gunakan Absensi Sidik Jari


IKIPMATARAM.AC.ID – Untuk lebih mengefektipkan kontrol terhadap disiplin kerja staf pimpinan dan karyawan IKIP Mataram, mulai tanggal 21 September 2011 IKIP Mataram menggunakan absensi sidik jari. Selain efektivitas kontrol, absensi sidik jari juga memberikan kemudahan bagi karyawan karena ketika mereka datang, para karyawan cukup menempelkan Telunjuk atau jempol tangan mereka pada absensi, maka alat langsung mengidentifikasi dengan memberikan jawaban “terima kasih” sebagai tanda absensi telah di terima, dan jawaban “silahkan coba lagi” jika absensi belum masuk (sidik jari atau jempol belum teridentifikasi).

Absensi sidik jari merupakan hal baru di IKIP Mataram sehingga pada saat penerapan di hari pertama (21/9/2011) banyak terlihat kejadian lucu dan unik.Beberapa peristiwa lucu dialami oleh L. Muaz, Staf BAAK IKIP Mataram. berkali – kali dia menempelkan jari telunjuknya pada mesin absensi merek secure tersebut tapi mesin selalu menjawab “silahkan coba lagi”.

Setelah sekian lama selalu tidak bisa, baru dia ingat bahwa pada saat identifikasi sidik jari pada petugas personalia beberapa hari lalu, dia menggunakan “Jempol”nya bukan jari telunjuk. Akhirnya dia coba dengan menggunakan “jempol”, mesin secure menjawab “terima kasih”. Ada lagi yang lebih menggelikan, seorang karyawan yang cukup senior di IKIP Mataram mengalami nasib yang sama dengan L. Muaz. Saat absen mesin selalu memberikan jawaban “silahkan coba lagi”, kemudian dengan nada guyon salah seorang karyawan menganjurkan supaya karyawan tersebut mencuci tangannya sebelumnya absen. Saran tersebut akhirnya diikuti dan dengan percaya diri dia langsung ke mesin menempelkan jari telunjuknya, apa yang terjadi ?, mesin menjawab “silahkan coba lagi”. Kejadian tersebut mengundang tawa orang – orang yang ada di ruang BAU (Biro Administerasi Umum) tempat mesin Secure ditempelkan. Cerita lucu tersebut menjadi bagian dari perjalanan awal kehadiran sistem baru yang dipergunakan oleh IKIP Mataram. (humas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s