Disiplinkan PNS dengan Absensi Sidik Jari


PAREPARE – UjungpandangExspres.Com - Mekanisme absensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare, yang mengunakan cara manual atau absensi tulis (paraf), segera ditinggalkan.

Penggantinya adalah absensi sidik jari.
Bagian Organisasi Setdako Parepare, sebagai penanggung jawab absensi mulai melakukan setting terhadap mesin yang akan digunakan tersebut. Tampak satu per satu pegawai dipanggil ke ruangan Bagian Organisasi
untuk melakukan registrasi sidik jari.
Setidaknya ada tiga teknisi TI (teknologi informasi) di ruangan tersebut yang mendampingi dan mencatat proses penginputan data dan sidik jari setiap pegawai. Menurut Kepala Bagian Humas Setdako Parepare, Aswadi
Thalib, penerapan absensi menggunakan mesin absensi sidik jari tersebut segera difungsikan dalam waktu dekat ini begitu proses penginputan seluruh pegawai telah selesai dilakukan.
“Penerapan ini dilakukan dalam rangka peningkatan disiplin pegawai dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Aswadi usai melakukan penginputan di ruangan Bagian Organisasi.
Aswadi mewakili Plt Wali Kota Parepare, mengharapkan para pegawai tidak melihat mesin sidik jari sebagai sebuah sistem yang kaku dan menyulitkan para pegawai.
Namun, hendaknya dipahami bahwa penerapan absensi sidik jari sebagai sebuah upaya untuk membuat pegawai lebih profesional, dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat.
Penerapan absensi sidik jari ini, sebenarnya bukan untuk pertama kalinya diterapkan di Setdako Parepare, namun teknologi serupa pernah diberlakukan pada tahun 2005 silam. Namun saat itu perangkat teknologi yang digunakan gagal, karena jumlah pegawai yang ada tidak seimbang dengan kemampuan mesin yang ada sehingga lebih sering hang (ngadat).

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s